Arsip Blog

Selasa, 12 April 2011

Rahasia Sukses Robert T Kiyosaki


Robert T. Kiyosaki dibesarkan di Hawai. Dia berasal dari keluarga pendidik yang terkenal. Ayah Robert adalah kepala pendidikan untuk negara bagian Hawai. Setelah SMU Robert melanjutkan sekolah di New York dan setelah lulus ia bergabung dengan U.S Marine Corps dan pergi ke Vietnam sebagai perwira dan pilot helikopter yang bersenjata. Namun pada akhirnya ia tinggalkan.
Pada tahun 1977 Robert mendirikan sebuah perusahaan yang memproduksi dompet “Surfer’ dari velcro dan nilon yang pertama di pasaran. Produk itu kemudian berkembang menjadi produk dunia yang menghasilkan uang jutaan dolar. Robert dan produknya itu ditampilkan dalam “Runner’s World, gentlemans, quaterly, succes magazine, news week”, dan bahkan “Playboy”.
Sebelum sukses, Robert T Kiyokasi sangatlah miskin, saat itu ia dan Kim istrinya, tidak mempunyai tempat tinggal. Mereka tidak mempunyai pekerjaan yang layak dan hanya mempunyai sedikit sisa tabungan. Kartu kredit mereka pun sudah melampaui batas pengambilan. Mereka hidup di dalam sebuah toyota coklat usang dengan kursi reclining yang berfungsi sebagai tempat tidur.
Gagasan sebuah pekerjaan yang aman dan menjamin dengan slip gaji bulanan tentu sangat menggoda, namun walaupun serba kekurangan mereka tidak berniat sebagai pegawai. Saat itu yang mereka lakukan hanyalah bekerja serabutan dan mendapat beberapa dolar di sana sini. Mereka terus berjuang demi kehidupannya. Hidup dari hari ke hari, di tepi jurang kehancuran keuangan.
Tahun 1985 adalah tahun terburuk dalam hidup mereka. Mereka tetap tidak  berpikir untuk menjadi seorang pegawai. Walaupun mereka tahu, mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi, aman dan  menjamin. Namun mereka menghiraukan semua itu. Mereka sama-sama lulusan perguruan tinggi dengan keterampilan bekerja yang bagus dan etos kerja yang kuat. Sekali lagi mereka tidak mencari keamanan pekerjaan untuk menjadi seorang pegawai. Namun mereka mencari kebebasan keuangan. Berhasilkah mereka?
Ternyata pada tahun 1989 mereka sudah menjadi jutawan. Meskipun tampak berhasil secara keuangan di mata orang-orang, namun saat itu mereka tetap belum mencapai impian mereka. Mereka belum puas tentang apa yang telah mereka dapatkan. Masih diperlukan waktu sampai tahun 1994. Saat itulah mereka tidak perlu bekerja seumur hidup. Saat itu Robert berumur 47 tahun dan istrinya berumur 37 tahun.
Sering kita mendengar orang berkata, “Dibutuhkan uang untuk menghasilkan  uang”. Namun bagi Robert hal itu tidak berlaku. Ia dapat membuktikan dari kondisinya yang miskin di tahun 1985, dan ia bisa menjadi jutawan di tahun 1989. Usaha itu terus berlanjut hinga tahun 1994. Ia temukan kebebasan finansial. Saat itu mereka tidak membutuhkan uang untuk kehidupan mereka.
Apa rahasia Robert bisa kaya mendadak seperti itu? Padahal mereka tidak mempunyai uang ketika memulainya, bahkan mereka memiliki hutang. Mereka juga tidak mempunyai pendidikan formal yang tinggi. Hanya mempunyai ijazah perguruan tinggi. Ternyata rahasianya adalah tidak diperlukan pendidikan yang tinggi untuk mencapai kebebasan finansial. Kebebasan finansial tidak adahubungannya dengan apa yang dipelajari di perguruan tinggi. Seperti yang Robert T. Kiyosaki katakan, “Banyak orang sukses meninggalkan bangku sekolah tanpa memperoleh ijazah perguruan tinggi. Orang-orang seperti Thomas Edison, pendiri General Electrik, Henry Ford, pendiriFord Motor Co; Bill Gates, pendiri Microsoft; Ted Turner, pendiri CNN; michel Dell, pendiri Dell Computers; Steve Jobs, pendiri Apple Computer, dan Ralph Lauren, pendiri Polo.”. Ternyata pendidikan perguruan tinggi hanya penting untuk profesi tradisional, namun tidak bagi cara orang-orang yang akan mendapatkan kekayaan besar. Apabila orang ingin kaya, maka ia harus mengembangkan bisnis sendiri sampai berhasil. Seperti yang dulu diupayakan Robert dan Kim dengan susah payah.  (10 menit Memahami Cashflow Quadrant-Robert T. Kiyosaki, Tim Paradigma Indonesia, 2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar